Header Ads

Deretan Pemain Muslim Inspiratif di Liga Top Eropa ( Bagian 1 )


KARBOL_ID - Pesepak bola muslim yang menghuni liga-liga top Eropa kian menjamur, tentunya bukan hal mudah bagi mereka untuk menjalankan keyakinannya mengingat muslim menjadi kaum minoritas di benua biru.

Namun deretan nama dibawah ini telah membuktikan bahwa menjadi minoritas tidak serta merta membuat mereka tidak mampu berprestasi dan menjadi bintang dilapangan hijau, namun mereka juga tidak lupa akan keyakinan mereka.

Berikut adalah deretan pemain bola muslim yang merumput di liga-liga top Eropa :

1. Sadio Mane

Hasil gambar untuk Sadio Mane

Sadio Mane merupakan pemain profesional asal Senegal yang kini membela Liverpool, pemain berusia 24 tahun ini menjadi pemain termahal Afrika saat ini, The Reds harus mengeluarkan dana £34 juta untuk memboyongnya dari Southampton.

Mane berasal dari sebuah desa kecil di Bambali jauh di selatan Senegal. Ia dibesarkan dikeluarga yang sangat religius, ayahnya adalah seorang imam masjid di wilayahnya. “agama sangat penting bagiku, aku sangat menghormati aturan Islam aku tidak akan pernah menyentuh alkohol dan aku shalat lima waktu sehari” ujarnya.

2. Mesut Ozil




Mesut Ozil merupakan gelandang timnas Jerman yang kini membela Arsenal, pemain yang dikenal dengan akurasi umpannya ini, merupakan keturunan muslim Turki dari ayahnya.

Ozil mempunyai kebiasaan yang cukup unik ia selalu membaca Al Quran sesaat sebelum pertandingan dimulai. "Saya selalu membaca ayat-ayat Al Quran sebelum masuk ke lapangan. Hal ini membuat saya lebih fokus dalam menjalani pertandingan," kata Ozil

"Saya juga selalu berdoa dan rekan satu tim tahu mereka tidak boleh menggangu saya saat melakukan hal tersebut," tandasnya.

3. Paul Pogba


Paul Labile Pogba merupakan pemain internasional Perancis yang kini membela Manchester United, ia menjadi pemain termahal didunia saat ini setelah United memboyongnya dari Juventus dengan nilai £100 juta.

Pogba merupakan pemain muslim, ia mengikuti keyakinan ibunya yang juga seorang muslim. Meskipun dalam kesehariannya ia terbilang cukup “gila” namun ternyata Pogba adalah muslim yang taat ia sering terlihat berdoa dipinggir lapangan, bahkan baru-baru ini, setelah United menjuarai Piala Europa Pogba bertolak ke Mekah untuk menjalankan ibadah umrah tepat dihari petama bulan Ramadhan tahun ini.

4.  Abou Diaby


Vassiriki Abou Diaby adalah gelandang asal Perancis keturunan Pantai Gading, setelah sepuluh tahun membela Arsenal, kini ia membela klub Perancis Olympique Marseille.

Diaby adalah muslim yang taat ditengah kesibukannya sebagai pemain bola ia tak pernah lupa dengan agamanya, bahkan pada tahun 2013 diketahui jika ia adalah hafidz Al-Quran dengan 19 juz yang ia hafal. Diaby diketahui hafal Quran, setelah adanya perbincangan seorang dengan pengajar Akidah Universitas Ebrahim, Mufti Muhammad, Mereka berbincang lewat akun Twitter. Tak hanya hafal, suara Diaby saat melantunkan Quran juga tergolong indah.

Diaby juga disebut-sebut menjadi salah satu donatur tetap di sekolah Islam terkenal di Inggris, Ebrahim Collage. Ia bahkan memberikan bimbingan bagi para mualaf yang ingin mendalami agama Islam.

5.  Demba Ba





Ba adalah pemain asal Senegal yang pernah memperkuat Chelsea dan Newcastle United, ia dikenal dengan selebrasi sujud syukurnya.

Ba dikenal sebagai pemain muslim yang taat bahkan pada 2014 lalu ia membiayai pembangunan masjid di Senegal. “Menjadi Muslim adalah lebih penting daripada saya menjadi pesepakbola. Seorang Muslim yang baik adalah orang yang baik, jadi saya mencoba untuk menjadi orang yang baik,” kata Ba pada Independent dilansir dari viva.

Ia sempat mengalami cedera “horror” saat membela Shanghai Shenhua yang mungkin dapat membuat karir sepak bolanya berakhir, namun alih-alih mengeluh usai cedera patah kaki yang dialaminya justru malah sebaliknya “Allahuma lakal hamd” yang berarti “Segala puji bagi Allah Semata” adalah tweet pertamanya setelah cedera “horror” menimpanya.


No comments

Powered by Blogger.