Header Ads

Kontroversi Regulasi Liga 1 Indonesia

KARBOL_ID – Perhelatan penyelanggaraan liga 1 tinggal menghitung jam jelang kick-off Sabtu 15 April 2017.  Dengan menggandeng dua sponsor utama Gojek dan Traveloka, kedua sponsor tersebut siap membiayai kompetisi yang diberkisar lebih dari 100 miliar rupiah, kompetisi yang sempat terhenti karena sanksi dari FIFA mulai menggeliat kembali, banyak kejutan yang terjadi seperti adanya marquee player dan juga regulasi yang mengundang beberapa kontroversi. berikut beberapa regulasi untuk Liga 1 :

1. Setiap klub diwajibkan memainkan 3 pemain U-23 minimal 45 dari 90 menit waktu normal pertandingan.

2. Setiap klub hanya memperbolehkan  2 pemain berumur lebih dari 35 tahun untuk dimainkan. Atau pembatasan pemain yang berumur lebih dari 35 tahun.

3. Setiap klub memperbolehkan pergantian  pemain sebanyak lima kali, hal tersebut bertujuan agar mendukung aturan regulasi yang mewajibkan 3 pemain U-23 dimainkan.

4. Peraturan perekrutan pemain luar yaitu 2 pemain asing, 1 pemain asing dari Asia, dan beberapa Marquee Player.

5. Pergantian lima pemain dalam satu pertandingan berimbas pada daftar susunan pemain yang didaftarkan menjadi 20 nama pemain.

Pada aturan pemain cadangan mengundang banyak komentar dimana pergantian pemain yang tampak ganjil dari regulasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang hanya membolehkan setiap pergantian pemain sebanyak tiga kali. Akan tetapi PSSI telah mendapatkan lampu hijau dari FIFA mengenai hal tersebut.

Dengan regulasi pembatasan pemain usia diatas 35 tahun dan diwajibkannya 3 pemain muda bermain minimal 45 menit mengakibatkan setiap klub harus memutar otak dan meramu strategi yang pas untuk mengarungi kompetisi yang berjalan sangat panjang. Disisi lain pembatasan pemain yang sudah berumur seperti Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, Firman Utina dkk akan sedikit mematikan potensi para pemain senior yang notabene secara skill masih sepadan dengan pemain muda. Banyak pihak beranggapan bahwa regulasi ini tidak perlu dilakukan. 

No comments

Powered by Blogger.