Header Ads

Polemik "Marquee Player"


KARBOL_ID - Regulasi baru jelang digelarnya Liga 1 Indonesia yang akan bergulir pertengahan April 2017 membuat perbincangan heboh seantero Indonesia setelah disepakati adanya pemain "Marquee Player" yang merupakan regulasi yang baru pertama kali diterapkan di dunia sepak bola tanah air.

Mengenal istilah regulasi baru "Marquee Player" adalah pemain top dunia atau pemain yang pernah bermain di liga-liga seperti Liga Inggris, Liga Spanyol hingga Liga Italia serta pemain yang setidaknya telah mencicipi 3 edisi Piala Dunia, dengan begitu regulasi pemain yang dimana sebelumnya tim peserta yang mengikuti Liga 1 hanya tiga pemain, sekarang diperbolehkan menambah satu kuota pemain asing menjadi 4 pemain yang terdiri dari dua pemain asing, satu pemain asal Asia dan satu "Marquee Player".

Sebagai contoh Persib Bandung yang mendatangkan pemain sekaliber Michael Essien dengan dana sekitar 8-10 Miliyar. Melihat nominal kontrak cukup fantastis dana yang harus dikeuarkan bagi klub asal kota Bandung ini untuk merekrut mantan punggawa Chelsea ini. 

Namun seiring waktu berjalan banyak perbincangan tentang seberapa perlukan pemain yang dijuluki "Marquee Player" berada di klub-klub peserta Liga 1 Indonesia, sangat jelas kedatangan pemain marque player ini bisa menguntungkan dari segi menambah popularitas dan mengenalkan Liga 1 Indonesia ke mancanegara. 

Contohnya seperti yang terjadi di Liga Super China banyak klub yang ngotot untuk merogoh kocek yang dalam untuk membeli pemain-pemain top dunia untuk bergabung ke klub-klub peserta Liga sebagai upaya untuk membangun perkembangan sepak bola di Tiongkok dan tentunya menjadi sorotan mata dunia atau yang terjadi di MLS Amerika yang membeli pemain top dunia untuk mepromosikan sepakbola yang notabennya bukan olahraga utama di negara tersebut.

Namun jangan melihat dari segi keuntungannya saja, jangan sampai dengan adanya marque player beberapa permasalahan bisa muncul seperti tunggakan gaji pemain yang kerap melanda klub-klub sepak bola Indonesia serta izin pemain asing yang menjadi polemik di dunia sepak bola yang terus menghantui dan jangan sampai regulasi ini mengurangi keadilan atau menghadirkan kecemburuan peserta lainnya karena klub yang mempunyai budget yang banyak saja yang bisa mendatangkan seorang marque player sedangkan klub yang mempunyai budget yang pas-pasan harus gigit jari.

Pro kontra hadir tentang diterapkannya regulasi baru  marque player, tapi satu hal yang terpenting regulasi yang dibuat adalah sebagai proses untuk membangun dan mengembangkan sepak bola tanah air untuk kedepannya.

No comments

Powered by Blogger.