Header Ads

Meskipun Gagal Juara, Timnas Indonesia Patut Diapresiasi


KARBOL_ID - Sempat membuat harapan bangsa Indonesia dengan menjuarai Piala AFF untuk yang pertama kalinya, perjuangan tim Garuda di ajang sepakbola bergengsi dua tahunan ini harus berakhir sebagai runner up setelah dikalahkan oleh Thailand di babak final dengan agrgat 3-2.

Meskipun sempat menang pada leg pertama dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, tapi pada leg ke dua di stadion Rajamangala harus mengakui ketangguhan para pemain dari Thailand yang sudah matang secara mental dan berakhir dengan kekalahan 0-2.

Perjuangan tim Garuda yang berhasil memberi kejutan dengan menembus sampai ke babak final patut diapresiasi. berstatus sebagai rangking terbawah diantara para peserta Piala AFF 2016 dan sama sekali tidak diunggulkan, namun semangat dan kerja keras memberikan hasil yang sangat membanggakan.

Persiapan timnas Indonesia bisa terbilang sangat singkat dibandingan dengan negara peserta lain. Alfred Riedl mempunyai waktu 3 bulan untuk mempersiapkan timnas untuk tampil di Piala AFF dan hanya diperbolehkan mengambil dua pemain saja pada setiap klub untuk berseragam timnas.

Akibat dari waktu yang sangat singkat dan pencarian pemain yang sangat terbatas menjadikan timnas menjadi kurang persiapan. Tapi ketidaksiapan sempat terhapuskan oleh pencapaian timnas yang berhasil mencapai babak final meskipun akhirnya Thailand yang keluar sebagai juara.

Biarlah semua menjadi pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga bagi timnas Indonesia. Masih ada waktu untuk memperbaiki diri dan persiapan yang sangat panjang untuk berkompetisi di ajang berikutnya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 yang otomatis tanpa harus ikut penyisihan untuk menjadi peserta. Ini akan menjadi kesempatan untuk timnas agar tampil lebih baik lagi dan bisa membanggakan bangsa.

No comments

Powered by Blogger.