Header Ads

Jelang Final Piala AFF : Mengenang 2 Kekalahan Beruntun Indonesia dari Thailand di Final Piala AFF

KARBOL_ID - Laga klasik Final Piala AFF leg pertama antara Indonesia melawan Thailand akan segera di gelar rabu (14/12/2016) malam nanti.

Thailand menjadi favorit juara pada laga final nanti, bukan tanpa alasan dari lima laga yang sudah dijalani Thailand meluncur mulus kebabak final dengan sempurna tanpa kekalahan, berbeda dengan Indonesia yang harus bersusah payah menuju babak final.

Lagi pula ini bukan kali pertama Indonesia berjumpa Thailand di final Piala AFF, sebelumnya Indonesia pernah berjumpa Thailand pada final tahun 2000 dan 2002 dan keduanya berhasil dimenangkan Thailand.

Pada perhelatan Piala Tiger (sekarang Piala AFF) tahun 2000 Indonesia yang untuk kali pertama masuk final harus bertemu tim kuat Thailand.

Pada saat itu Indonesia dilatih oleh Nandar Iskandar dan bermaterikan pemain terbaik diantaranya Kurniawan Dwi Yulianto, Gendut Doni, Uston Nawawi, dan Aji Santoso dengan materi pemain yang ada, ini adalah skuad The Dream Team Indonesia pada saat itu.

Bermaterikan pemain terbaik tak lantas membuat Indonesia mampu merengkuh gelar juara, Indonesia malah harus kalah dari Thailand dengan skor telak 4-1 di Rajamanggala Stadium, Bangkok.

Empat gol Thailand dicetak masing-masing oleh Worrawoot Srimakadi pada menit ke-12,18 dan 32, dan Tanongsak Prajakkata pada menit ke-65 sementara gol hiburan Indonesia dicetak oleh Uston Nawawi pada menit ke-20. Ini menjadi gelar kedua bagi Thailand.

Dua tahun berselang tepatnya pada Piala Tiger tahun 2002, takdir kembali mempertemukan Indonesia dan Thailand dibabak final, Indonesia yang kala itu di asuh oleh pelatih asal Bulgaria Ivan Venkov Kolev, materi pemain pada saat itu tidak banyak berubah, hanya Bambang Pamungkas yang saat itu masuk menggantikan Kurniawan Dwi Yulianto yang tidak dibawa Kolev.

Keputusan Kolev membawa Bepe agaknya adalah keputusan yang tepat, ia menjadi top skor turnamen dengan raihan 8 gol.

Saat itu final digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, meskipun bermain di kandang sendiri, namun babak final memang tak pernah berjalan mudah, alih-alih membalas kekalahan di final sebelumnya, Indonesia malah harus tertinggal lebih dulu lewat gol Chukiat Noosarung dan Therdsak Chaiman. Tertinggal dua gol tak lantas membuat Timnas Garuda patah arang, Indonesia akhirnya mampu menyamakan skor lewat gol Yaris Riyadi dan Gendut doni, pertandinganpun dilanjutkan kebabak penalti.

Indonesia sempat di atas angin pada babak adu penalti setelah penendang pertama Thailand Kiatsuk Senamuang gagal mengeksekusi penaltinya karena tembakannya melambung diatas mistar, namun pada akhirnya Indonesia harus kembali merelakan gelar juara setelah Bejo Sugiantoro dan Firmansyah gagal mengeksekusi penalti.

Malam nanti Indonesia akan kembali bertemu Thailand di babak final leg pertama Final Piala AFF 2016, akankah Indonesia mampu membalas kekalahan di dua final sebelumnya, ataukah Indonesia kembali dipecundangi Thailand ? Kita doakan yang terbaik dan kemenangan bagi Timnas Garuda.

No comments

Powered by Blogger.